Home / Kabar Malut

Kamis, 6 Juli 2023 - 01:13 WIT

Jurnalisme Lingkungan, Jalan Pulang Melihat Isu  Publik

AMSI-BBC Media Action Program Kerjasama  

Isu lingkungan  mestinya menjadi jalan pulang para jurnalis untuk melihat apa yang lebih dibutuhkan publik saat ini. Bukan sekadar traffic dan pageview atau  pengunjung. Pasalnya, dalam tren jurnalisme viral, banyak informasi penting yang terlewatkan untuk dikonsumsi publik.

Pesan ini disampaikan oleh  Wenseslaus Manggut Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI, saat membuka Training of Trainers (ToT) for Indonesian Senior Journalists  yang merupakan kerjasama AMSI dengan BBC Media Action atau (BBC MA)  Senin (3/7/2023)  di Jakarta. TOT yang dilaksanakan selama tiga hari sejak 3 Juli hingga 5 Juli tersebut, menghadikan 10 jurnalis, dari berbagai platform media  di Indonesia. 

AMSI  dengan dukungan BBC Media Action (BBC MA) menggelar Training of Trainers (ToT) for Indonesian Senior Journalists,  melatih para calon pelatih   dari Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bengkulu, Gorontalo, dan Maluku Utara.

 ToT ini,   menghadirkan juga Mary Morgan, Capacity Strengthening Lead BBC MA London, Inggris. Mary sendiri sebelumnya telah banyak memfasilitasi  training  jurnalis  di Afrika  dan Eropa. “ToT ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam menghasilkan konten atau artikel yang menarik dan efektif untuk isu terkait.

“Selama tiga hari pelatihan, kami berharap 10 senior jurnalis yang menjadi peserta kegiatan  bisa percaya diri  berbagi ilmu sebagai trainer pada setiap program yang terkait isu-isu green growth,” kata Mary.

Berbagai rancangan kegiatan terangkum dalam proyek kerja sama antara BBC MA dan AMSI termasuk ToT untuk jurnalis senior, pelatihan jurnalistik untuk jurnalis muda lokal, 6 seri webinar, dan fellowship untuk memproduksi konten terkait isu lingkungan hijau.

Baca Juga  Senjakala Hutan dan Lahan di Maluku Utara

“Jadi, ketika kita memberikan informasi tentang green journalism, seperti yang hari ini kita lakukan, maka akan menjadi langkah awal yang baik untuk mengubah mindset pembaca dari mengkonsumsi berita yang penting viral, ke berita dengan value atau nilai penting,” kata  Wenseslaus.

Baginya isu lingkungan hidup adalah konten yang sangat dibutuhkan publik. Sayangnya  isu seputar lingkungan  hidup jarang menjadi perhatian utama media. Hal ini katanya  karena saat ini  tren media lebih memilih follow the traffic. Akibatnya kemudian, jurnalis  saat ini jarang  punya keahlian paripurna.

Dia contohkan, ada jurnalis di pagi hari menulis ekonomi, siang menulis politik, dan seterusnya. Istilahnya tahu sedikit dari yang banyak. Padahal, menjadi jurnalis dengan keahlian yang purna  adalah sebuah kebutuhan.

 “Program ini akan menjadi jalan pulang bagi jurnalis untuk melihat isu apa yang lebih dibutuhkan publik, bukan sekedar traffic dan pageview,” katanya.

Dalam tren jurnalisme viral, banyak informasi penting terlewatkan untuk dikonsumsi publik. Jadi, ketika memberikan informasi tentang green journalism, seperti  yang  kita lakukan, maka akan menjadi langkah awal yang baik untuk mengubah mindset pembaca dari mengkonsumsi berita yang penting viral ke berita dengan value penting,”  ujar  Wenseslaus Manggut.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan BBC Media Action (BBC MA) menggelar Training of Trainers (ToT) for Indonesian Senior Journalists. Pelatihan untuk calon pelatih ini diselenggarakan di Jakarta pada 3-5 Juli 2023, melibatkan 10 jurnalis senior dari berbagai wilayah Indonesia.  Yakni Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bengkulu, Gorontalo, dan Maluku Utara. Melalui training ini juga menghadirkan Mary Morgan, Capacity Strengthening Lead BBC MA dari London, Inggris.

Baca Juga  KKR-MU Desak Presiden Cabut Perppu Cipta Kerja

Selain berfokus pada peningkatan pemahaman isu-isu lingkungan, Capacity Strengthening Lead BBC MA, Mary Morgan, mengatakan, ToT ini bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam menghasilkan konten atau artikel yang menarik dan efektif untuk isu terkait.

“Selama tiga hari pelatihan, kami berharap 10 senior jurnalis  sebagai peserta kegiatan ini dapat dengan percaya diri berbagi ilmu sebagai trainer pada setiap program yang terkait isu-isu green growth,” kata Mary.

Dalam kerjasama ini berbagai rancangan kegiatan terangkum dalam proyek kerja sama  BBC MA dan AMSI, termasuk ToT jurnalis senior, pelatihan jurnalistik untuk jurnalis muda lokal, 6 seri webinar, dan fellowship untuk memproduksi konten terkait isu lingkungan hijau.

Sementara itu, Head of Project BBC MA, Helena Rea, memberikan gambaran tentang proyek For the People. proyek yang didanai oleh Norad ini secara garis besar bertujuan untuk memberikan penguatan ekosistem informasi dan komunikasi media dalam meningkatkan keterlibatan publik pada isu lingkungan di Indonesia.

“Proyek For the People diharapkan dapat merangkul anak muda dalam membawa perubahan pandangan dan lebih peduli pada isu lingkungan serta memahami budaya masyarakat adat,” katanya.(*)


Share :

Baca Juga

Kabar Malut

Pemanfaatan Potensi Laut Maluku Utara Masih Minim

Kabar Malut

Ekspedisi Maluku dan Festival Kampung Pulau

Kabar Malut

Temuan Ngengat Baru, Matikan Cengkih Petani

Kabar Malut

Kawasan Konservasi di Malut Terancam Industri Tambang?

Kabar Malut

Pekan  Ini Tiga Warga di Malut Diterkam Buaya

Kabar Malut

Ada Apa, Kecelakaan Nelayan Selalu Berulang?  

Kabar Malut

Kaya Tambang, Malut Primadona Investasi Asing

Kabar Malut

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi