Home / Kabar Kota Pulau

Senin, 11 Desember 2023 - 20:23 WIT

Nelayan Tidore Bakar Sate Tuna Terbanyak di Dunia  

Salah satu ibu membakar sate ikan tuna yang disiapkan para nelayan  Tomolow foto sahril MTV

Salah satu ibu membakar sate ikan tuna yang disiapkan para nelayan Tomolow foto sahril MTV

Peringatan Hari Nusantara (Harnus) yang jatuh pada  13 Desember 2023 ini dipusatkan di Kota Tidore Provinsi Maluku Utara. Acara ini diisi berbagai kegiatan.  Salah satunya  Bakar Sate Ikan Tuna terbanyak.
Kegiatan ini termasuk salah satu agenda yang masuk  catatan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Bakar sate ikan tuna yang dilaksanakan Senin (11/12/2023) itu dipusatkan di  Kelurahan Tomolow Kota Tidore Utara Tidore Kepulauan. Dalam aksi bakar sate ini sebanyak 26.000 tusuk sate ikan tuna  menjadi hidangan makan siang warga Pemerintah Kota Tidore, Pemprov Maluku Utara dan pemerintah pusat yang hadir.  

Acara pemanggangan  sate ikan tuna itu  digelar di kawasan kuliner Kampung Nelayan Kelurahan Tomalou itu sejak sekira pukul 09.00 WIT hingga pukul 17.00 sore.  

Kegiatan ini turut melibatkan ratusan  neayan Kampung Nelayan Kelurahan Tomalou, Kota Tidore, Maluku Utara.  

Baca Juga  Minim, Dana Desa Digunakan Kelola Sampah

Sajian sate ikan tuna dan makan bersama ini,  selain merupakan rangkaian HARNUS    juga sebagai bentuk kegiatan gemar makan ikan. Hal ini  karena Tomalou sendiri merupakan salah satu kampung nelayan  di Malut.

Sebelumnya,  ikan tuna dalam berbagai ukuran itu telah disiapkan para nelayan. Ikan yang telah dioah dan ditusuk tersebut, kemudian dipanggang di atas panggang yang  pajangnya mencapai  dua ratus meter. 

“Kami  sudah lakukan  verifikasi,  ada 26.000 tusuk sate tidak lebih tidak kurang. Sajian sate ikan tuna ini terbanyak di dunia dan telah kami catat sebagai rekor dunia” ujar Costumer Relation Manager Muri, Lutvi Syah Pradana, usai penyerahan piagam Muri.

Sajian sate ikan tuna  ini dibanjiri masyarakat lokal maupun wisatawan. Sepanjang kawasan kampung nelayan ini warga lokal yang memanggang ikan,  melayani setiap pengunjung yang akan mencicipi sate ikan tuna tersebut.

Baca Juga  Akademisi: Ancaman Ekosistem Halmahera Serius

“Di sini ikannya enak, baru ditangkap langsung dibakar dan disajikan, luar biasa kota Tidore, saya sangat bersyukur bisa menghadiri kegiatan Hari Nusantara di Tidore ini,” ujar Iksan wisatwan asal Jakarta yang datang bersama sahabatnya di Kota Tidore.

Walikota Tidore, Capt Ali Ibrahim mengaku tak menyangka, sajian sate ikan tuna oleh nelayan di Kota Tidore berhasil masuk rekor dunia.

“Kami tidak menyangka  sajian 26 ribu tusuk sate ikan tuna oleh nelayan di Tidore ini masuk   rekor dunia.   Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang ikut mensukseskan kegiatan ini”  kata Walikota Tidore  Capt Ali Ibrahim.

Rangkaian acara ini diakhiri dengan penyerahan  penghargaan  Rekor MURI  dari tim Muri Indonesia kepada Pemerintah Kota Tidore serta sponsorship.

Share :

Baca Juga

Kabar Kota Pulau

Kenalkan Kehati Malut Lewat Pameran Kehidupan Liar

Kabar Kota Pulau

Butuh Aksi Nyata Bebaskan Laut Malut dari Sampah Plastik

Kabar Kota Pulau

UGM Riset Kosmopolis Rempah di Malut

Kabar Kota Pulau

BMKG: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang

Kabar Kota Pulau

Mangrove Mangga Dua Ternate Nasibmu Kini

Kabar Kota Pulau

Ketika Orang Hiri Menuntut Merdeka

Kabar Kota Pulau

Sampah Plastik di Laut Malut Menghawatirkan

Kabar Kota Pulau

Begini Cara Siapkan Warga Tubo Tanggap Bencana