Home / Kabar Kota Pulau

Senin, 14 September 2020 - 13:43 WIT

Warga Diimbau Jaga Pola Hidup Bersih

Pakativa -Mayana Tidore Gelar Penyuluhan Kesehatan

Pola Hidup bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku  yang dilakukan seseorang atas dasar kesadaran, sehingga dapat menolong dirinya sendiri  dan keluarganya,  serta berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Hal ini disampaikann Dokter Ririn Hardianti dari Relawan Komunitas Mayana Kota Tidore Kepulauan   dalam penyeluhan kesehatan digagas oleh Perkumpulan Paka Tiva  dengan komunitas Mayana Tidore.

Di hadapan warga  kelurahan Jiko Cobo, Tidore Kepulauan, Minggu (13/9)  Ririn mendorong warga agar menciptakan lingkungan yang sehat dan mencegah masalah kesehatan lainnya.Hal penting lainya yakni rajin mencuci tangan menggunakan sabun supaya tak rentan dari berbagai penyakit.

“PHBS itu punya manfaat untuk keluarga dan akan membuat masyarakat  lebih produktif,” ujar   Ririn.  

Dia menambahkan,  perlu juga didukung dengan pola makan yang baik. Misalnya rajin mengonsumsi buah dan sayur. “Saya rasa untuk Kota Tidore Kepulauan sudah tidak sulit mendapatkan buah dan sayur,” tambahnya.

Baca Juga  Lebah Raksasa Kembali Ditemukan di TNAL Resort Tayawi

Kegiatan lain yang perlu dilakukan juga adalah melakukan aktifitas fisik dalam satu hari minimal 30 menit. Misalnya  jalan kaki selama 30 minit atau olah raga ringan. Dia juga menyinggung soal  PHBS di era new normal atau disebut tatanan gaya hidup baru yang dicanangkan Presiden RI. Di mana perlu melindungi diri dengan masker.

“Sekarang ini banyak yang menganggap enteng Covid-19. Saya ingatkan kita harus sering menggunakan masker,” harapnya.

Begitu juga  ketika bersin harus beretika, misalnya kedua telapak tangan menutup bagian hidung dan mulut. Bila perlu selalu menggunakan  masker agar penyebaran virus  tidak merugikan pihak lain.

Selama berlangsungnya penyuluhan, Ririn   mengajak audiens mempraktekan cara mencuci tangan yang baik dan benar dimulai dengan membasahi tangan, kemudian ke dua telapak tangan digosok dengan sabun dan dilanjutka ke punggung dan tangan. Setelah itu sela-sela jari tangan, ditambah unjung jari kiri ditempelkan ke telapak tangan kanan lalu diputar dan begitu juga sebaliknya. Terakhir membersihkan bagian ibu jari.

Baca Juga  Eksplore Wisata Bawah Laut dengan Try Scuba

Di tempat yang sama  penyuluh kesehatan, Dokter Muhammad Isra yang diundang dalam penyuluhan itu  menjelaskan bahaya penyakiy diabetes melitus atau lebih dikenal penyakit gula/ kencing manis.

Dia bilang, penyakit gula diidap seseorang karena tingginya kadar gula di dalam darah akibat kekurangan hormon insulin yang berfungsi  mengatur kadar gula darah. Setiap manusia memiliki organ pankreas  di mana menghasilkan hormon insulin.

“Akibat usia lanjut dan kebiasan kurang bagus  mengganggu fungsi pankreas” jelas Isra.

Untuk mencegahnya sederhana saja. Yakni memperbaiki pola makan, mengurangi konsumsi makanan mengandung gula, dan konsisten menjaga  makan sesuai waktu yang ditentukan.  

Kesempatan itu pihak komunitas Mayana turut memberikan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis bagi yang mengikuti penyuluhan seperti asam urat, kolesterol dan gula darah.  Sebelum mereka diperiksa wajib melakukan pemeriksaan tekanan darah.  Peserta juga diberikan masker medis.(*)

Share :

Baca Juga

Kabar Kota Pulau

Cerita Para Perempuan Dibo-dibo Ikan

Kabar Kota Pulau

Kiprah KTH Ake Guraci Marikurubu Ternate

Kabar Kota Pulau

Hutan Lindung Tidore Kepulauan Rawan Dirambah

Kabar Kota Pulau

Ini Hasil Kajian Kebutuhan Air Bersih Warga Kalumata

Kabar Kota Pulau

Pakativa – Dinkes Lakukan Penyuluhan Kesehatan

Kabar Kota Pulau

Kala Pantai Kota Ternate Nyaris Habis karena Reklamasi

Kabar Kota Pulau

BMKG: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang

Kabar Kampung

Buat Minyak Kelapa Kampong, Lawan Ketergantungan